Sunday, June 3, 2007

Ulasan Market Bulan Mei

Ulasan Fundamental

Melihat pergerakan pasar yang terjadi selama bulan Mei, terdapat beberapa peristiwa ekonomi yang perlu kita garis bawahi. Kebijakan monteter menyangkut suku suku bunga menjadi topik terhangat dan sekaligus penggerak pasar dalam beberapa hari di bulan Mei ini. Sekedar catatan, berikut hasil pengumuman suku bunga ketiga bank sentral terbesar di dunia:
Federal Reserve : Tetap mempertahankan suku bunganya sebesar 5,25%. Diperkirakan pada bulan Juli mendatang FED akan menurunkan suku bunga.
Bank of England: Menaikkan suku bunga menjadi 5,50%, dan merupakan negara anggota G7 dengan tingkat suku bunga terbesar. Dari hasil Minutes BoE dikatakan bahwa suku bunga akan kembali dinaikkan jika pertumbuhan ekonomi masih mengalami keterlambatan.
European Central Bank : Tetap mempertahankan suku bunganya sebesar 3,75%. Belum ada indikasi ECB akan menurunkan atau akan menaikkan kembali suku bunga.

Kita akan melihat lagi pengumuman suku bunga ketiga bank sentral ini yang dijadwalkan akan diumumkan kembali pada pertemuan berikutnya di bulan Juli mendatang. isu-isu santer apalagi yang akan dikemukakan oleh pejabat-pejabat bank sentral tersebut masih menjadi bagian yang menarik untuk kita simak.
Berita lain yang ikut mewarnai pergerakan pada bulan Mei ini adalah berita tentang pertumbuhan laju Inflasi di tingkat konsumen dan produsen. Diberitakan bahwa laju pertumbuhan inflasi Amerika ditingkat konsumen dan produsen mengalami angka penurunan, yang sekaligus menjadi catatan tersendiri penguatan Dollar terhadap mata uang lain. Meskipun dikatakan bahwa berita-berita dari kawasan Eropa dan Inggris tidak menunjukkan kecenderungan penurunan, malah dibeberapa hal menunjukkan peningkatan. Beberapa narasumber mengatakan bahwa, memang sudah sewajarnya jika Dollar menguat yang diikuti dengan melemahnya mata uang lain. Hal ini dikarenakan jika harga mata uang Eur dan GBP semakin naik, malah nantinya akan memberatkan mata uang tersebut, karena otomatis harga-harga barang dan produksi menjadi naik dan kalah bersaing dengan produk-produk lain. Jadi penurunan harga di Eur dan GBP dikatakan wajar demi menjaga kestabilan mata uang itu sendiri.


Ulasan Teknikal

Untuk Pound, dari pergerakan harga mulai tanggal 1 Mei 2007 sampai penutupan 31 Mei, tercatat pergerakan harga adalah sebagai berikut:
Open : 1.9997
High : 2.0074
Low : 1.9677
Close : 1.9760
Range : 397 Points

Harga tertinggi terjadi pada hari Selasa, 1 Mei 2007 di 2.0074 dan harga terendah terjadi pada tanggal Senin, 21 Mei 2007 di 1.9677 . Harga di awal bulan sering kali menjadi penentu harga pada hari-hari berikutnya di bulan yang sama. Ini bisa menjadi indikator bagi kita yang melakukan transaksi dengan cara medium trading atau intra day, dimana pergerakan yang dipakai adalah skala bulanan (monthly)

Sementara pada Euro, pada bulan yang sama, pergerakan dari awal bulan sampai penutupan bulan Mei ini adalah:
Open : 1.3653
High : 1.3673
Low : 1.3405
Close : 1.3432
Range : 268 Points

Harga tertinggi Euro, sama seperti pada Pound yakni awal bulan tanggal 1 Mei 2007 di 1.3673 , harga terendah terjadi pada hampir penutupan bulan yakni, 30 Mei 2007 di 1.3405. Minimnya pergerakan Euro dibanding GBP pada bulan Mei ini juga salah satunya dipicu oleh faktor teknikal dimana Euro sudah saatnya musti turun karena tingginya harga-harga barang dan produksi.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home