Sunday, May 20, 2007

Ulasan Market Sepekan

Ulasan Fundamental


Isu moneter yang berkaitan dengan nilai inflasi menjadi fokus utama dalam perdagangan sepekan kemarin yang sekaligus menjadi penggerak pasar perdagangan sejak Senin sampai penutupan perdagangan hari Jumat kemarin. Tercatat hampir semua negara menyampaikan isu moneter tentang naik turunnya laju inflasi di negara mereka masing-masing seperti Amerika, Eropa, Inggris dan Jepang.

Sejak dimulainya perdagangan hari Senin sampai dengan akhir penutupan pasar, Dollar semakin hari terus semakin menguat terhadap mata uang-mata uang lain. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian Amerika secara perlahan-lahan namun pasti menuju ke arah yang lebih stabil. Beberapa berita positif yang membantu penguatan Dollar tidak lain salah satunya adalah tingkat inflasi baik dari tingkat produsen sampai tingkat konsumen. Indeks harga konsumen yang sedikit lebih turun dari 0,6% menjadi 0,4% serta kemajuan di sektor industri yang meningkat dari 0,3% menjadi 0,7%, sangat berperan dalam mendongkrak nilai Dollar akhir-akhir ini.

Lalu apakah berita dari Eropa dan UK serta Jepang tidak mampu menghambat penguatan Dollar? Tercatat hanya pada hari Rabu (16 Mei 2007) Dollar tertekan melemah di banding mata uang lain termasuk Pounds dan Euro. Hal ini disebabkan karena reaksi pasar yang melakukan rebound sebelum akhirnya Dollar semakin menguat. Minimnya berita dari kawasan Eropa dan Inggris juga menjadi pendorong terhadap penguatan Dollar.


Ulasan Teknikal

GBP tercatat melemah hingga mencapai angka terendah yakni 1.9701 (Jumat, 18 Mei 2007) dan hanya mampu menguat sampai dengan 1.9874 (Rabu, 16 Mei 2007). Range pergerakan sejak hari senin sampai jumat "hanya" sebesar 173 points yang jauh lebih kecil dibanding minggu kemarin yang tercatat 237 points. Hal ini bisa disebabkan karena minimnya berita fundamental serta pengaruh yang ditimbulkan. Tidak ketinggalan juga dengan Euro. Tercatat Euro juga melemah hingga mencapai angka terendah minggu ini yakni 1.3464 (Jumat, 18 Mei 2007) dan mampu bertengger di harga tertinggi sebesar 1.3609 (Rabu, 16 Mei 2007). Range pergerakan Euro selama sepekan sebesar 145 points yang sedikit lebih kecil dari minggu kemarin yang mencapai 165 points.


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home